Tanbo Art, Seni Lukis diatas Sawah

Bupugu - Tanbo Art

Tanbo Art adalah seni lukis diatas kanvas raksasa, yang menggunakan sawah sebagai medianya. Karya seni ini pertama kali muncul pada tahun 1993 di desa Inakadate, 600 mil dari Tokyo (masuk dalam Prefektur Aomori di wilayah Tohoku, Jepang).

Di tahun tersebut, penduduk Inakadate sedang mencari cara untuk merevitalisasi desa mereka. Untuk menghormati sejarah yang ada, kalau daerah tersebut sudah ditanami padi selama lebih dari 2000 tahun. Akhirnya mereka membuat inovasi karya seni dan sawah dipilih sebagai medianya. 

Untuk mendapatkan warna yang beragam, petani Inakadate menggunakan empat jenis varian padi.Proses penciptaan Tanbo Art juga terbilang rumit. Karena dalam pembuatan desain awal, memerlukan bantuan komputer.Setiap bulan April, warga desa bertemu dan memutuskan apa yang akan ditanam selama tahun berjalan. 

Misalnya saja, di tahun 2007 saja ada 700 petani yang membantu dalam satu proyek Tanbo Art. Menurut sumber Wiki, lukisan Gunung Iwaki yang sederhana menjadi lukisan yang pertama dibuat, dan dikerjakan selama sembilan tahun.
 
Menurut beberapa kalangan seniman, Tanbo Art dianggap sebagai salah satu karya seni bercita rasa tinggi. Hingga saat ini masih menjadi salah satu daya tarik bagi turis yang berkunjung Jepang. Tanbo Art adalah sebuah bentuk representasi karya seni yang berakar kerakyatan.


Sumber :
-->  https://www.mobgenic.com/tanbo-art-seni-unik-melukis-di-atas-sawah/


Sekian buat postingan kali ini. Semoga bisa bermanfaat buat kita.


See you next post !
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »