Hyperloop, Transportasi Masal Super Cepat yang Akan Dibangun di Indonesia

Bupugu - Hyperloop di Indonesia

Akhir-akhir ini, di beberapa wilayah Indonesia lagi heboh perseteruan antara transportasi online vs transportasi konvensional. Entah kenapa, hampir selalu ada keributan disaat ada inovasi baru yang muncul. Tapi, di postingan kali ini enggak akan ngebahas soal itu kok.

Pasti udah pada denger Hyperloop kan ? Hyperloop adalah konsep sistem transportasi berkecepatan tinggi yang diajukan oleh wiraswasta Elon Musk. Hyperloop bergerak dengan menciptakan tekanan rendah yang memungkinkan kapsul bergerak dengan kecepatan yang amat tinggi. Ya, transportasi masal super cepat ini mampu bergerak dengan kecepatan maksimum 1.200 km/jam (mungkin masih bisa ditingkatkan lagi). Konsep awal hyperloop sendiri diumumkan pada Agustus 2013.

Belum lama ini, Hyperloop Transportation Technologies (HTT) telah menandatangani kontrak untuk studi kelayakan (feasibility study) senilai US$ 2,5 juta atau Rp 33,47 miliar (estimasi kurs 13.388 per dolar AS) dengan investor swasta. Setelah penandatanganan ini, Hyperloop akan melakukan eksplorasi kemungkinan pembangunan transportasi tercepat di Indonesia.

Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menandatangani perjajian tersebut dengan Hyperloop. Sebelum Indonesia, ada beberapa negara yang sudah membuat perjanjian dengan pemegang kebijakan dan pemerintahan di Republik Ceko, Perancis, dan Abu Dhabi.

Dengan adanya Hyperloop, perjalanan dari Jakarta - Jogja akan memakan waktu kurang lebih 25 menit. Jelas jauh lebih cepat dibandingkan dengan naik mobil, yang memakan waktu sekitar 10 jam (kalo enggak macet).

“Indonesia dan Jakarta pada khususnya, merupakan salah satu area dengan populasi terpadat di dunia,” ujar Bibop dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (10/3/2017). "Dengan lalu lintas dan kemacetan yang menjadi isu besar di sini, Hyperloop akan menjadi transformasi yang menggembirakan bagi wilayah tersebut," tambah dia.


Sumber :
--> //bisnis.liputan6.com/read/2881732/alasan-hyperloop-bangun-kendaraan-super-cepat-di-indonesia
--> https://id.wikipedia.org/wiki/Hyperloop


Sekian buat postingan kali ini. Semoga bermanfaat buat kita.


See you next post !
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »