Sejarah Singkat Pemandian Cihampelas, Kolam Renang Pertama di Indonesia

Bupugu - Pemandian Cihampelas

Pemandian Tjihampelas (Zwembad Tjihampelas) merupakan kolam renang pertama di Indonesia, berumur kurang lebih 114 tahun. Salah satu dari sedikit bangunan yang berumur 100 tahun yang masih bertahan di Bandung. Sebelum menjadi kolam renang, Pemandian Cihampelas itu awalnya adalah kolam ikan milik Nyonya Homann.

Kolam ini bisa dibilang cukup lengkap pada waktu itu, karena menyediakan 3 buah kolam dengan standar internasional, pertama berukurang 25 X 50 Meter dengan kedalaman 1,2 - 2 meter, kemudian kolam kedua berukuran 12 X 12 Meter, berkedalaman 1,1 meter, dan kolam ketiga yang berukuran 8 X 3 Meter berkedalam 80 Cm khusus untuk anak-anak. Di tengah kolam renang, ada patung dewa Neptunus yang selalu mengucurkan air.

Pemandian Cihampelas sangat terkait dengan perkembangan Jalan Cihampelas. Jalan Cihampelas sendiri mendapatkan namanya dari pohon-pohon Hampelas (sejenis pohon berdaun kasar, biasa digunakan untuk menggosok badan) yang terdapat di sekitar pemandian ini yang kemudian dipakai menjadi nama jalan.   Selain terkait dengan nama kawasan, Pemandian Cihampelas juga ikut berpengaruh terhadap sejarah terbentuknya Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

Sejarah singkat pemandian Cihampelas 

1902-1904 : Pemandian Cihampelas dibangun dan menjadi kolam renang pertama di Indonesia. 

1910-1920an : Pemandian Tjihampelas diperuntukkan hanya bagi orang Belanda, Eropa serta Bangsawan dari kalangan Pribumi 

1940an : Masa pendudukan Jepang. Kolam Renang Cihampelas terbuka untuk umum dan warga pribumi 

Tapi sayang,  karena tidak termasuk kedalam cagar budaya, pemandian ini akhirnya diratakan dengan tanah sekitar tahun 2010 untuk pembangunan rusun.


Sumber :
--> http://gusper.weebly.com/pemandian-cihampelas.html
--> https://annunaki.me/2015/08/26/sejarah-kolam-renang-cihampelas/


Sekian buat postingan kali ini. Semoga bermanfaat buat kita.


See you next post !
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »