Daftar Negara di Dunia yang Pernah Berpindah Ibukota

Bupugu - Daftar Negara di Dunia yang Berpindah Ibukota
Lagi rame banget nih soal Indonesia mau mindahin ibukota. Tapi ya enggak langsung tiba-tiba besok ada berita ".... diresmikan sebagai ibukota Indonesia yang baru". Kalo ngeliat kebelakang, sekitar awal-awal masa kemerdekaan. Indonesia juga pernah berpindah ibukota dari Yogyakarta ke Bukit Tinggi.

Ada banyak faktor buat ngedorong suatu negara untuk pemindahan ibukota. Tapi, di postingan kali ini gua enggak ngebahas tentang itu. Postingan kali ini akan ngebahas sesuai dengan judulnya Daftar Negara di Dunia yang Berpindah Ibukota. Check it Out ! He..he..he


1. Inggris
Winchester → London

Sebuah negara yang disebut punya Liga Sepakbola terbaik di dunia ini ternyata pernah berpindah ibukota. Tepatnya tahun 1066, dari Winchester ke London.


2. Russia
St Petersburg →Moskow

Negara ini pernah bolak-balik ibukota. Ibukota pertama adalah Moskow. Moskow merupakan Ibukota Kerajaan Rusia dari abad ke-14 sampai 1712. Nah, Pemerintah memindahkan ibukota dari Moskow ke St Petersburg karena dinilai memiliki akses yang lebih dekat ke Eropa. Tapi, Ibukota Rusia balik lagi ke Moskow pada tahun 1918.


3. Australia
Melbroune → Canbera

Melbroune adalah Ibukota pertama sejak berdirinya negara Australia. Pada tahun 1911, pemerintah mengadakan sayembara karena ingin memiliki Ibukota baru. Dengan syarat, kota itu harus punya taman kota dengan dana besar di pusat kota. Dengan syarat seperti itu, cuman Canbera yang lolos. Jadi, tahun 1927 Ibukota Australia berpindah dari Melbroune ke Canbera.


4. India
Delhi → New Delhi 

Pemindahan Ibukota India dari Delhi ke New Delhi terjadi pada tahun 1911. Dan sama kayak Inggris, pemindahan Ibukota India juga berjalan mulus.


5. Myanmar
Yangoon →Naypyidaw

Negara tetangga juga pernah pindah Ibukota. Terjadi pada 6 November 2005, Myanmar (Burma) memindahkan Ibukota Administratif ke suatu daerah yang jaraknya kurang lebih 320 km dari Yangoon. Nah, pada 27 Maret 2006 nama Naypyidaw diresmikan dan dijadikan Ibukota Myanmar.


6. Kazakhstan
Almaty → Astana

Saat masih di bawah kendali Uni Sovyet sampai merdeka tahun 1922, Almaty adalah Ibukota Kazakhstan. Tapi, tahun 1997 pemerintah memindahkan Ibukota dari Almaty ke Astana.


7. Paksitan
Karachi → Islamabad

Pemindahan Ibukota Pakistan dari Karachi ke Islamabad terjadi pada tahun 1959.


8. Brasil
Rio de Janeiro → Brasilia

Negara yang pernah jadi tuan rumah Piala Dunia 2014 juga pernah berpindah Ibukota. Pemindahan Ibukota itu terjadi pada tanggal 21 April 1960.


9. Belize
Belize City → Belmopan

Pemindahan Ibukota Belize terjadi karena Ibukota pertamanya yaitu Belize City hancur akibat badai Hattie pada tahun 1961.


10. Pantai Gading
Abidjan → Yamoussoukro 


Pemindahan Ibukota Pantai Gading terjadi pada tahun 1983. Dan ternyata, Yamoussoukro adalah Ibukota keempat Pantai Gading setelah Grand-Bassam (1893), Bingerville (1900), dan Abidjan (1933).


11. Nigeria
Lagos → Abuja

Sekitar tahun 1980, pemerintah Nigeria udah ngebangun Abuja yang dirancang buat menggantikan Lagos. Dan pemindahan Ibukota Tanzania dari Lagos ke Abuja diresmikan pada 12 Desember 1991.


12. Tanzania
Dar es Salaam → Dodoma

Pemindahan Ibukota Tanzania dari Dar es Salaam ke Dodoma udah dimulai dari tahun 1973. Pemindahan Ibukota di karenakan pada masa lalu Dar es Salaam dikenal sebagai pasar budak.


Huaaahh, panjang bener. Diluar dartar diatas, masih ada beberapa negara yang berpindah Ibukota. Diantaranya Amerika Serikat dari New York → Philadelphia → Washington DC, yang lainnya Turki dari Istanbul/Konstatinopel → Ankara.

Oh iya, pemindahan Ibukota bukan berarti semua kegiatan yang berhubungan dengan negara dipindah. Misalnya, kalo Indonesia memindahkan Ibukota, nah mungkin aja pusat eksekutif dan administratif masih berada di Jakarta.

Bisa di cek :


Sumber :
--> http://internasional.kompas.com/read/2017/04/10/12100801/inilah.beberapa.negara.yang.pernah.memindahkan.ibu.kota
-->  https://international.sindonews.com/read/1205785/45/10-negara-sukses-memindahkan-ibu-kota-negara-1494995648
--> https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_dengan_multi-ibukota
--> https://id.wikipedia.org/wiki/Ibu_kota


Sekian buat postingan kali ini. Semoga bermanfaat buat kita.
Oh iya...
Kalo ada kritik, saran atau tambahan bisa ditulis di kolom komentar yaa 😃.


See you next post ! 
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »

2 komentar

Write komentar
Endi Eichar
AUTHOR
22 Juli 2017 pukul 23.31 delete

wih keren gan, menambah pengetahuan

Reply
avatar