Hubungan Capung dengan Anak 90-an

Bupugu - Hubungan Capung dan Anak 90-an
Via, freepik.com
Siapa yang gak tau nama hewan ini ? Gua yakin pada tau semua laah. Yak betul, nama hewan ini Capung. Tapi, gua ngerasa hewan ini udah mulai jarang keliatan. Gak kayak dulu, tiap menjelang sore pada berterbangan.
Bagi anak yang lahir sebelum millenium ( baca, tahun 2000an ), hewan ini sangat "akrab" dengan kita dan sering main sama kita. Berikut akan gua coba jabarin "Hubungan Capung dengan Anak 90-an".


Mitos
Ini salah satu mitos yang masih nyantol di kepala gua. Dulu, kalo kita masih suka ngompol, cara yang paling mujarab adalah pake hewan ini. Caranya, taro si Capung ke udel kita. Entah gimana cara kerjanya kalo capung bisa ngeberhentiin buat kita ngompol.
 
Cara Nangkep
Banyak cara buat nangkep hewan ini, kayak :
- Make Jaring, cara ini cara paling canggih yang pernah dilakuin ( pas waktu itu ). Presentase dapet nya juga lumayan tinggi selama kita sabar dan cekatan.
- Make Getah, ini cara yang pernah gua lakuin. Kalo di daerah gua pake lidi, terus ujungnya dikasih getah nangka. Presentasenya lebih sedikit daripada pakek jaring. Tau sendiri kalo capung matanya bulet.
- Make Jari, ini gak make alat sama sekali alias tangan kosong. Cara ini dipakek sama anak-anak yang berbakat. Caranya, kita pake jari telunjuk kita, trus goyang-goyangin telunjuk kita ( kalo gua, gua puter-puter), trus kita jalan pelan-pelan ke si capung, kalo udah deket baru pake bantuan jempol buat nyapit sayap si capung. Presentase dapetnya kecil banget kalo pake cara ini.

Cara Main
Cara main dengan si capung salah satunya adralah, kita iket buntut si capung pake tali. Terus biarin dia terbang sampe panjang tali, terus kita tarik lagi. Emang sih, ini termasuk penyiksaan terhadap hewan. Tapi pas dulu, gua gak kepikiran. 
Sekian buat postingan kali ini. Semoga bermanfaat buat kita.
See you next post !
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »

4 komentar

Write komentar
3 November 2016 pukul 15.32 delete

ha..jadi ingan masa kecil dulu.

Reply
avatar
Diky Wongso
AUTHOR
3 November 2016 pukul 16.03 delete

Ya udah jarang capung gan. gak kaya dlu ya

Reply
avatar
Saya Setyo
AUTHOR
3 November 2016 pukul 17.15 delete

Wah, satu angkatan nih kita..
Hahahaha..

Reply
avatar
Saya Setyo
AUTHOR
3 November 2016 pukul 17.16 delete

Mungkin capungnya baper gara-gara cara kita mainin dia waktu dulu..
=D

Reply
avatar