Kurangi Kecanduan Rokok dengan Game

Bupugu - Kurangi Kecanduan Rokok dengan Game
Via, http://marinalazarevic.com 
Kalian pasti tau nama game diatas ! Yak, Game yang populer di tahun 90an itu namanya tetris ( atau ada yang bilang tata-tataan ). Ternyata ada studi yang bilang kalo main tetris bakalan bisa ngurangin kecanduan rokok bahkan kecanduan seks.Lebih tepatnya studi dari University of Plymouth di Inggris dan Queensland University of Technology di Australia. 

Kok bisa kita kecanduan suatu hal ?
Karena, kecanduan melibatkan pusat-pusat reward di otak dan reaksi menyenangkan kita dapatkan saat terlibat dalam kegiatan tertentu membuat kita terus kecanduan. Narkotika dan alkohol misalnya menyebabkan dopamin neurotransmitter dirilis di otak, yang ketika terjadi berulang-ulang bisa mengubah sistem reward otak dan menyebabkan kecanduan.

Nah, Profesor Jackie Andrade, dari Plymouth University, mengatakan bahwa Tetris mengurangi keinginan peserta untuk minum obat, makan, dan bekerja dari 70 persen menjadi 56 persen, yang menunjukkan bahwa "intervensi kognitif" dapat digunakan untuk mengurangi kecanduan.

Secara teori, Tetris bekerja karena memainkan permainan visual yang menarik mengisi proses mental yang mendukung bayangan tentang zat atau perilaku tertentu. Jadi, membayangkan sesuatu dengan jelas akan sulit dilakukan, bila sambil bermain Tetris, kata Andrade. 

Studi diatas itu untuk mengurangi kecanduan yaa. Bukan menghentikan kecanduan. Kalo pengen berhenti dari kecanduan sesuatu, pastikan awali dengan niat.😀


Sumber :


Sekian buat postingan kali ini. Semoga bermanfaat buat kita.


See you next post !
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »