Makanan yang Indonesia Banget | Ketoprak

Bupugu - Makanan yang Indonesia Banget | Ketoprak
Ketoprak, yak namanya ketoprak. Makanan yang Indonesia banget yang gampang ditemuin. Biasanya mangkal di pinggir jalan dengan gerobak yang agak beda dari yang lainnya. Ada kayak moncong didepan gerobak, yang biasanya buat tempat tahu. Terus warna gerobak biasanya, biru-merah, ijo-merah, coklat, atau kuning. Tapi, kadang si Ketoprak dijual bareng sama gado-gado atopun opor.

Biasanya kalo buat ketoprak si abang nyiapin bawang putih, garem, cabe, gula merah diatas piring. Terus diuleg, terus ditambahin sambel kacang. Terus ditambahin air, terus diuleg lagi. Kalo bumbu udah alus, baru si abang ngambil tahu, terus motongin ketupat/lontong, terus ngasih bihun, terus ngasih toge, kerus ngasih kecap, terus ngasih bawang goreng, terus dikasih kerupuk (kalo dibungkus, kerupuknya dipisah). Terus, yak terus, oooppp... 😅

Ada juga bahan tambahan, yaitu telor !


Asal usul ketoprak

Versi 1
Dahulu kala di Jawa Tengah, seorang lelaki penggemar kuliner mencoba membuat makanan baru. Bahan makanan itu terdiri dari ketupat, toge, bihun, bawang putih, cabe, kacang tanah. Setelah selesai membuat makanan baru itu, lelaki tadi masih kebingungan mencarikan nama yang menarik untuk jenis makanannya yang baru ia ciptakan. Sambil membawa makanan yang siap dihidangkan dan hendak diletakkan di meja makan, tiba-tiba piring makanan siap saji itu terlepas sehingga mengeluarkan bunyi:
“Ketuprak...!”
Si lelaki tadi berpikir, kenapa makanan ini aku tidak namakan saja sekalian dari bunyi suara jatuhnya piring makanan ini...? Ya..ya...akhirnya aku menemukannya juga. Kalau begitu aku namakan saja makanan baru ini dengan nama : Ketoprak! Asal kata dari “Ketuprak” bunyi dari jatuhnya piring makanan yang aku akan hidangkan tadi.
 

Versi 2
Ketoprak merupakan kependekan dari Ketupat Toge di Geprak dari tata bahasa keliatan bahasa betawi. Yang mengindikasikan kalo si Ketoprak ini berasal dari Betawi (Jakarta).
Dan emang bener, pernah ada yang bilang kalo ketoprak itu ada ketoprak cirebon dan ketoprak betawi. Bedanya sih kalo gak salah, cara si abang memperlakukan tahu nya (entah diapain).

Tapi, whatever mau ketoprak cirebon, mau ketoprak betawi, kalo enak yaa gua makan. 😆

Oh iya, disini (Bogor) harga ketoprak yang pernah gua beli berkisar 9-10 ribu seporsi. ← Gakpentingbanget...


Sumber :
--> https://id.wikipedia.org/wiki/Ketoprak_(makanan)
--> https://www.facebook.com/juliuskhang/posts/623356157782593


Sekian buat postingan kali ini. Semoga bermanfaat buat kita.
Oh iya...
Kalo ada kritik, saran atau tambahan bisa ditulis di kolom komentar yaa 😃.


See you next post !
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »

4 komentar

Write komentar
Jimban
AUTHOR
22 Juli 2017 pukul 23.27 delete

Pengen banget makan ketoprak, Sayangnya di kota saya yang jualan Ketoprak hampir gk ada T_T

Reply
avatar
Saya Setyo
AUTHOR
22 Juli 2017 pukul 23.33 delete

waduuh,,, sangat disayangkan..
semoga keiingan anda dapat terealisasikan.. ^_^

Reply
avatar