Cara Unik Lumba-lumba saat Tidur

Bupugu - Cara Unik Lumba-lumba saat Tidur
Sebelumnya perlu ditekankan kalo lumba-lumba ini bukan ikan. Lumba-lumba termasuk mamalia yang bernafas dengan paru-paru, berkembang biak dengan cara melahirkan, dan juga punya puting susu.

Ada cara unik lumba-lumba saat tidur, yaitu hanya menutup satu mata aja.

Kenapa lumba-lumba tidur dengan satu mata terbuka ?
Beda dengan kita (manusia) yang bernapas tanpa sadar (refleks). Lumba-lumba harus tetap sadar saat bernapas, itu sebabnya si lumba-lumba tidur dengan satu mata terbuka. 

Cara unik lumba-lumba untuk tidur ini disebut Unihemispheric Sleep. Kondisi dimana salah satu bagian otak dan mata aktif, dan yang lainnya istirahat.

Melalui electroencephalogram (EEG) otak lumba-lumba, peneliti menemukan salah satu dari dua belahan otak tetap terjaga, sementara belahan yang lain masuk ke dalam keadaan tidur nyenyak.

Lumba-lumba tidur cukup dekat dengan kondisi tidak sadar, tetapi pada saat yang sama, mereka memiliki kewaspadaan terhadap lingkungan untuk mampu bangun sepenuhnya jika diperlukan.

Jenis tidur seperti ini membantu mereka muncul ke permukaan untuk bernapas, dan juga untuk mengawasi kemungkinan adanya predator dan ancaman.

Dan juga, lumba-lumba tidur dekat dengan permukaan air. Dengan tujuan untuk memudahkan saat bernapas.


Sumber :
--> https://www.amazine.co/40066/fakta-informasi-tentang-cara-tidur-lumba-lumba/


Sekian buat postingan kali ini. Semoga bermanfaat buat kita.
Oh iya...
Kalo ada kritik, saran atau tambahan bisa ditulis di kolom komentar yaa 😃.


See you next post ! 
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »