Mitos Keberadaan Kucing Hitam

Bupugu - Mitos Kucing Hitam

Gua sebagai salah satu dari sekian banyak orang yang suka kucing sih, enggak percaya akan hal ini. Tapi, nyatanya masih banyak juga yang beranggapan kalo keberaadaan kucing hitam akan membawa nasib buruk.

Selain itu, banyak juga yang percaya kalo keberadaan kucing hitam malah membawa keberuntungan. Berikut beberapa negara dengan mitos seputar kucing hitam.


Amerika Serikat
Dalam sebuah survei, terdapat 13% warga Amerika Serikat yang mempercayai akan adanya hal atau nasib buruk terjadi apabila seseorang melihat kucing hitam di persimpangan jalan. Hal ini membuat kucing hitam tidak menarik untuk dipelihara oleh warga Amerika sesuai dengan hasil penelitian dari Journal of Applied Animal Welfare Scence pada tahun 2013. 

Bengali 
Suku Bengali hidup di wilayah Bengala yang merupakan bagian dari Negara India dan Bangladesh. Di sini kamu akan mengenal sebuah mitos tentang kucing hitam, di mana terdapat seorang wanita yang dapat mengubah jiwa manusia menjadi seekor kucing, sehingga jika kucing hitam tersebut disakiti berarti akan menyakiti wanita itu juga.

Celts 
Selain identik dengan kesialan dan kematian, suku Celts yang hidup di sebagian wilayah Eropa juga percaya bahwa kucing hitam dapat meramal masa depan.

China 
Hal senada pun terjadi di China, kucing hitam di negara ini dianggap dapat menimbulkan kesialan, bahkan kemunculannya dipercaya sebagai pertanda akan datangnya penyakit atau kemiskinan.

Druids
Druids adalah kasta pendeta dari suku Celts, mereka percaya bahwa adalah jelmaan manusia yang dihukum karena telah berbuat jahat di masa lalu. Kemungkinan kepercayaan terhadap mitos inilah yang menghubungkan kucing hitam dengan hantu, para penyihir atau Halloween.

Finlandia 
Di negeri ini, terdapat kepercayaan bahwa kucing hitam dapat membawa jiwa seseorang ke alam baka. Di satu sisi mereka takut terhadap kucing hitam, di sisi lain mereka menghormatinya.

India 
Di negara ini dipercaya bahwa jiwa yang bereinkarnasi akan dibebaskan dengan cara membakar seekor kucing hitam sebagai persembahan. Ritual ini senada dengan upacara pembakaran kucing hitam yang dilakukan pada masa Babilonia Kuno sebagai awal sejarah mitos kucing hitam. Pada masa itu, terdapat ritual pembakaran kucing hitam bersama sesaji yang lainnya. Upacara tersebut muncul karena saat itu kucing hitam dianggap bersahabat dengan ular, sedangkan ular dipercaya sebagai lambang kejahatan. Ini pula menjadi sejarah dari mitos kucing hitam yang identik dengan hal-hal negatif. 

Inggris 
Di negeri Pangeran Charles ini, kucing hitam yang dihadiahkan kepada sepasang pengantin baru, dipercaya akan membawa keberuntungan. 

Jerman 
Seekor kucing hitam yang melompat ke atas tempat tidur orang yang sedang sakit, dipercaya sebagai pertanda bahwa orang sakit tersebut akan segera menjemput ajalnya. Hal yang sama pun menjadi kepercayaan di Italia.

Jepang 
Lain Jerman, lain pula Jepang. Di negara matahari terbit ini, kucing hitam dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, terutama sebagai pengenteng jodoh bagi para wanita lajang, di mana seorang gadis yang memiliki kucing hitam akan disukai banyak pria.

Latvia 
Para petani Latvia percaya bahwa kucing hitam dapat memberi keberuntungan pada hasil panen apabila kucing tersebut bermain di ladang atau kebun mereka, sebab mereka percaya bahwa kucing hitam tersebut merupakan titisan dewa panen bernama Rungis. Kepercayaan ini juga terdapat di Skotlandia.

Mesir 
Di negeri ini, kucing hitam merupakan perwujudan dari Dewi Bast, putri Ra sang dewa matahari.

Normandia 
Di wilayah ini, kucing hitam dipercaya sebagai pembawa penyakit terutama jika melihatnya menyeberang jalan tepat pada saat bulan purnama.

Rusia 
Warga Rusia percaya jika kucing hitam melintas di depan, maka orang yang melihatnya harus berjalan berbalik arah sambil memegangi salah satu kancing bajunya agar terhindar dari kesialan.


Sumber :
--> http://www.meongku.com/mitos-dan-fakta-seputar-kucing-hitam/


Sekian buat postingan kali ini. Semoga bermanfaat buat kita.


See you next post !
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »