Animasi Indonesia yang Pernah ( dan masih ) Eksis di TV

Abis minum kopi, eh dapet pikiran buat posting materi ini. Dengan judul Animasi Indonesia yang Pernah ( dan masih ) Eksis di TV. Mungkin masih banyak yang berpikir kalo animasi buatan Indonesia belum bisa bersaing dengan animasi buatan luar, terlepas dari itu kita masih ada rasa optimis terhadap animasi Indonesia untuk berkembang lebih jauh lagi ( biar acara di TV gak sinetron dan audisi nyanyi mulu ). Salah satu contohnya Animasi Battle Of Surabaya produksi MSV Pictures. Walopun masih 2D, animasi ini diakui oleh dunia.

Animasi Indonesia - Battle Of Surabaya

Selain animasi Battle Of Surabaya, berikut daftar animasi Indonesia yang pernah ( dan masih ) eksis di TV nasional :


1. Kabayan Liplap

Animasi Indonesia - Kabayan Liplap
  
Pernah eksis di TV nasional tepatnya di GlobalTV sekitar tahun 2009. Animasi ini diproduksi oleh Castle Production. Yang menceritakan si Kabayan, seorang anak desa yang jujur dan siap menolong yang berpetualang dari desa ke desa di seluruh nusantara. Dalam petualangannya, dia selalu ditemani oleh makhluk kecil ( kunang - kunang ) yang bernama Liplap.


2. Petok si Ayam Kampung

Animasi Indonesia - Petok si Ayam Kampung

Pernah ada di Indosiar sekitar tahun 2013, animasi ini diproduksi oleh dreamtoon. Animasi ini dibuat dengan metode stop motion clay. Dreamtoon juga masih aktif dalam pembuatan animasi, bisa di cek langsung ke http://www.dreamtoon.com/


3. Keluarga Somat

Animasi Indonesia - Keluarga Somat

Animasi lain yang merupkan produksi dari dreamtoon, Keluarga Somat. Animasi ini bergenre Komedi pertama kali tayang sekitar tahun 2013 dan sampai saat ini masih eksis di Indosiar ( kalo gak salah ). Animasi ini tayang pada hari Minggu pagi.


4. Si Entong

Animasi Indonesia - Si Entong

Animasi produksi MNC Animation ini tayang perdana sekitar tahun 2013. Diangkat dari sinetron yang berjudul sama. Seinget gua animasi ini pernah tayang di MNC TV sekitar jam satu siang. Tapi sekarang udah gak disiarin lagi.


5.  Kiko

Animasi Indonesia - Kiko

Animasi Kiko yang merupakan produksi MNC Animation ini pertama kali tayang sekitar tahun 2014. Menceritakan kehidupan bawah laut ketika semua ikan berubah karena ( apa ya ? ), pokoknya berubah. Saat ini ( tahun 2016 ) juga masih tayang di RCTI hari Minggu pagi jam 9. Dan gua suka lagu Openingnya. 


6. Adit Sopo Jarwo

Animasi Indonesia - Adit Sopo Jarwo

Animasi produksi MD Animation ini tayang pertama kali sekitar tahun 2014 di MNC TV. Sampai saat ini ( 2016 ) juga masih tayang di MNC TV pas sore - sore. Ada banyak kalimat - kalimat yang menjadi ciri khas dari animasi ini, seperti " Aadiiitt ! ", " Yang sabar ya bos.. ", " Aku takut, dit ", dan " Denis, sekarang tutup mata kamu ! Bayangin .. . .. .".


7. Garuda Gemilang

Animasi Indonesia - Garuda Gemilang

Animasi produksi Studio Animasi Magic Motion ini mengangkat tema sepakbola. Tayang perdana  tahun 2015 di Indosiar, dan masih ditayangkan sampai sekarang ( 2016 ) di Minggu pagi.


8. Plentis Kentus

Animasi Indonesia - Plentis Kentus

Animasi ini diproduksi oleh Visual Expert Animation. Tayang untuk pertama kali sekitar tahun 2015 di Trans TV. Animasi ini diisi dengan lagu - lagu untuk anak. Jam tayang nya setiap hari Senin - Kamis jam 9 pagi ( kalo belum berubah ).


Okeh, itu adalah beberapa animasi Indonesia yang pernah ( dan masih ) eksis di TV nasional dan juga pernah gua tonton. Sebenernya, masih banyak animasi - animasi Indonesia yang lain.


Sumber : Dirangkum dari beberapa sumber lain

Sekian buat postingan kali ini, semoga bermanfaat. Dan kalo ada masukkan boleh di tulis di kolom komentar.


See you next post !
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »