Kujang, Senjata Tradisional Jawa Barat

Bupugu - Kujang, Senjata Tradisional Jawa Barat

Kujang adalah sebuah senjata unik dari daerah Jawa Barat. Kujang mulai dibuat sekitar abad ke-8 atau ke-9, terbuat dari besi, baja dan bahan pamor, panjangnya sekitar 20 sampai 25 cm dan beratnya sekitar 300 gram.

Bicara tentang kujang, setidaknya akan terlintas dipikiran kita seorang raja yang cukup sakti, dimana situs kerajaannya belum ditemukan sampai saat ini. Manusia yang sakti yang bernama Prabu Siliwangi.
 
Kujang dikenal sebagai benda tradisional masyarakat Jawa Barat (Sunda) yang memiliki nilai sakral serta mempunyai kekuatan magis. Beberapa peneliti menyatakan bahwa istilah "kujang" berasal dari kata kudihyang (kudi dan Hyang). 

Kudi diambil dari bahasa Sunda Kuno yang artinya senjata yang mempunyai kekuatan gaib sakti, sebagai jimat, sebagai penolak bala, misalnya untuk menghalau musuh atau menghindari bahaya/penyakit.

Hyang dapat disejajarkan dengan pengertian Dewa dalam beberapa mitologi, namun bagi masyarakat Sunda Hyang mempunyai arti dan kedudukan di atas Dewa, hal ini tercermin di dalam ajaran “Dasa Prebakti” yang tercermin dalam naskah Sanghyang Siksa Kanda Ng Karesian disebutkan “Dewa bakti di Hyang”. 

Menurut orang tua ada yang memberikan falsafah yang sangat luhur terhadap Kujang sebagai,  

Ku-Jang-ji rek neruskeun padamelan sepuh karuhun urang

Janji untuk meneruskan perjuangan sepuh karuhun urang/ nenek moyang yaitu menegakan cara-ciri manusa dan cara ciri bangsa. Apa itu?


Cara-ciri Manusia ada 5

    Welas Asih (Cinta Kasih),
    Tatakrama (Etika Berprilaku),
    Undak Usuk (Etika Berbahasa),
    Budi Daya Budi Basa,
    Wiwaha Yuda Na Raga ("Ngaji Badan").

Cara-ciri Bangsa ada 5

    Rupa,
    Basa,
    Adat,
    Aksara,
    Kebudayaan

Sebetulnya masih banyak falsafah yang tersirat dari Kujang yang bukan sekadar senjata untuk menaklukan musuh pada saat perang ataupun hanya sekadar digunakan sebagai alat bantu lainnya. 



Sumber : 
--> https://id.wikipedia.org/wiki/Kujang


Sekian buat postingan kali ini. Semoga bermanfaat buat kita.
Oh iya...
Kalo ada kritik, saran atau tambahan bisa ditulis di kolom komentar yaa 😃.



See you next post !
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »