Stasiun Tertua dan Pertama di Indonesia

Bupugu - Stasiun Tertua dan Pertama di Indonesia

Stasiun Samarang ini dibangun pada 17 Juni 1864 oleh Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Pembangunannya ditandai dengan pencangkulan pertama oleh Gubernur Jendral Baron Sloet van de Beele. Adapun pembangunan jalur itu melalui besluit nomor 1 tahun 1862, sementara pembebasan tanahnya berdasarkan staatsblad nomor 135 tahun 1865 yang diperbarui lagi dengan staatsblad nomor 132 tahun 1866.

Stasiun Samarang adalah stasiun ujung (terminus, kopstation) berbentuk U. Kompleks Stasiun Samarang awalnya memiliki 5 bangunan penting, meliputi personen station (stasiun penumpang), goederen-station (stasiun barang), vaart van het station (stasiun kanal), werkplaatsen (bengkel atau balai yasa), dan station chef (rumah dinas kepala stasiun).

Pada tanggal 10 Agustus 1867 untuk pertama kali resmi dioperasikan angkutan penumpang kereta api dari Stasiun Samarang menuju Tangoeng (Tanggung) sepanjang 26 kilometer melintasi Halte Allas-Toewa (Alas Tua) dan Broemboeng (Brumbung) di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.


Sumber :
--> http://www.kompasiana.com/purwanti_asih_anna_levi/stasiun-ka-pertama-di-indonesia-kini-hilang-terkubur-di-bawah-tanah_552fe5856ea8340e5f8b4620


Sekian buat postingan kali ini. Semoga bermanfaat buat kita.
Oh iya...
Kalo ada kritik, saran atau tambahan bisa ditulis di kolom komentar yaa 😃.


See you next post !
Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Previous Post »